Biduran Kaligata Alergi Kulit Bintik Merah atau Putih

Biduran atau Kaligata, adalah istilah yang lazim diucapkan oleh sebagian masyarakat yang merasakan alergi di tubuhnya. Biduran Kaligata Alergi Kulit Bintik Merah atau Putih ini adalah reaksi kulit yang dihasikan dari alergi. Bentuk serta ukuran dari biduran ini dapat berbeda beda. Oleh para ahli medis, biduran ini biasa di panggil dengan nama urtikaria, yakni reaksi kulit yang menghasilkan kemunculan bilur yang berwarna putih atau merah, dan menghadirkan perasaan gatal. Apakah biduran menular? Jawabanya adalah, “Tidak”. Biduran Kaligata Alergi Kulit Bintik Merah atau Putih.

Biduran Kaligata Alergi Kulit Bintik Merah atau Putih

Biduran Kaligata Alergi Kulit Bintik Merah atau Putih

Ruam pada kasus biduran atau kaligata, atau urtikaria, akan membuat kulit gatal, namun bisa juga membuat kulit terasa disengat atau malah menimbulkan rasa perih. Gejala yang dihadirkan urtikaria ini bisa kukuh selama beberapa hari atau cukup berjam-jam saja. Urtikaria yang hadir kurang dari 6 minggu adalah urtikaria jangka pendek (urtikaria akut). Namun, ada urtikaria yang bisa bertahan selama 6 minggu lebih, atau mudah kambuh selama beberapa tahun atau beberapa bulan saja. Keadaan tersebut jarang terjadi, dan ini dikenali dengan istilah urtikaria jangka panjang, atau urtikaria kronis.

Biduran atau Kaligata, atau Urtikaria kronis dapat ditafsirkan oleh para dokter sebagai tanda atau ciri-ciri dari sebuah penyakit yang di idap. Seperti contohnya, akibat dari penyakit diabetes tipe 1, lupus, atau akibat penyakit tiroid.

Urtikaria (Biduran/Kaligata) sering dialami oleh perempuan dan anak-anak di usia 30 sampai 60 th. Selain daripada itu, seseorang yang telah mengidap alergi, akan lebih memiliki resiko untuk terserang biduran atau kaligata (urtikaria).

Penyebab Biduran atau Urtikaria

Kehadiran bilur di kulit dapat disebabkan oleh kadar histamin yang tinggi. Histamin ini dilepaskan oleh kulit supaya membuat pembuluh darah jadi melebar dan lebih rilex, akibatnya.. aliran darah akan lebih meningkat. Kulit akan terlihat memerah ketika darah yang mengalir di bawah lapisan kulit jumlahnya banyak. Rasa gatal di kulit yang disertai bengkak juga bisa disebabkan oleh kelebihan cairan.

Inilah beberapa keadaan yang dapat menjadi penyebab kaligata (biduran/urtikaria):

  1. Kontak dengan bulu binatang, latex, atau dengan pemicu alergi yang lain.
  2. Menyantap makanan penyebab biduran, seperti cokelat, telur, kacang, makanan laut, susu, atau gandum.
  3. Menggunakan obat penyebab urtikaria, seperti: aspirin, obat anti-hipertensi, antibiotik, ibuprofen, dan yang semisalnya.
  4. Menenggak zat aditif, atau bahan-bahan extra didalam makanan, misalnya seperti pengawet, pemanis, penguat rasa, pengental, pewarna, dan yang semisalnya.
  5. Akibat dari infeksi demam kelenjar, atau hepatitis.
  6. Serangan serangga.
  7. Faktor lingkungan, terpapar cuaca dingin, atau panas yang extreme, terkena air jenis tertentu, atau terpapar sinar matahari.
  8. Akibat stress.

Terkadang, keadaan biduran yang kronis tak bisa kita ketahui akan penyebabnya yang konkrit. Tetapi beberapa elemen bisa memperburuk keadaan yang ada, atau menyebabkan biduran, misalkan: Menenggak minuman berkafein atau beralkohol, suhu udara yg panas, atau terjangkit stress.

Cara Mengetahui Biduran atau Kaligata di Kulit

Biduran atau Kaligata (Urtikaria) dapat kita pastikan dengan menggunakan cara; pemeriksan ruam atau bilur yang terdapat di kulit oleh dokter ahli. Dokter ahli akan mengajukan pertanyaan mengenai keadaan kaligata (biduran) yang dialami. Sejak kapan, lalu bagaimana biduran tersebut bisa muncul, dan apakah pengidap biduran (pasien) tersebut sudah menenggak makanan atau obat yang belum pernah dimakan sebelumnya, lalu apakah terdapat perubahan di lingkunganya.

Cara Mengobati Biduran atau Kaligata

Biduran atau kaligata ini biasanya bisa hilang dengan sendirinya, akan tetapi bila datang dan pergi (kambuhan), tentunya hal ini bisa menjadi hal yang mengganggu aktifitas harian kita, terkadang kita memerlukan Obat alami biduran yang selalu siap sedia dibawa kemanapun.

Penyakit yang menyertai Biduran atau Kaligata

  • Angioedema : Yaitu pembengkakan di tingkatan kulit yg lbih dalam. Pembengkakan tersebut dapat terjadi di area bibir, mata, bahkan alat kelamin.
  • Anafilaksis : Yaitu reaksi alergi berat, dan dialami secara mendadak, hal ini bisa membuat penderitanya mengalami kematian. Hal ini diduga sebagai kejadian darurat, akibat gejalanya yang extrim. Inilah beberapa gejala Anafilaksis yang lain:
  1. Bibir, kaki, tangan, dan kelopak mata membengkak.
  2. Saluran udara di tubuh menyempit, dan menghadirkan sesak nafas.
  3. Muntah dan mengalami sakit perut.

Itulah beberapa hal mengenai Biduran Kaligata Alergi Kulit Bintik Merah atau Putih. Semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda. Jangan sungkan untuk melakukan share article, sharing is caring.

Terimakasih.

Admin: obat tradisional biduran pada anak

Biduran Kaligata Alergi Kulit Bintik Merah atau Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *